DOSEN PBI UMY BERBAGI MATERI ENGLISH FOR TOURISM DI POKOH II DLINGO

Dukuh Haryono 08 Agustus 2018 18:05:09 WIB

Warta Pokoh (8/8/18). Pesatnya perkembangan pariwisata di Dlingo, Bantul akhir-akhir ini telah mendorong banyak pihak untuk melakukan investasi. Tidak semua investasi dalam bentuk uang, investasi yang dilakukan oleh tiga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini berupa pelatihan pengembangan SDM di Dusun Pokoh, Dlingo, Bantul. Sebuah dusun yang memiliki potensi sumber daya alam yang prospektif untuk dikunjungi wisatawan.

Terdapat salah satunya Air Terjun Lepo di dusun ini yang menjadi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW). Menurut cerita Kepala Dusun Pokoh, Bapak Haryono, akhir-akhir ini banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi obyek wisata Lepo ini. Disamping tempatnya yang masih alami, tempat ini masih belum ramai dikunjungi wisatawan sehingga pengunjungpun merasa nyaman berada di lokasi.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara, peluang ini disambut baik oleh Tim Penerima hibah Program Pengembangan Desa Mitra yang diketuai oleh Fitria Rahmawati, M. Hum dengan dua anggota yaitu Mariska Intan Sari, M.A., dan Puthut Ardianto, M. Pd. Dengan berbekal keahlian di bidang English for Tourism, ketiga dosen ini memberikan pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri para pelaku wisata dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Fitria selaku ketua pelaksana menyebutkan bahwa program ini juga merupakan program yang ditunggu-tunggu masyarakat. Karena dalam prakteknya, ketika menghadapi wisatawan asing, para pelaku wisata ini memiliki keterbatasan untuk berkomunikasi. Jadi yang kami sampaikan sebenarnya hal-hal sederhana tentang penggunaan Bahasa Inggris yang berhubungan dengan Describing Places, Showing Direction, Creating Itinerary, serta Tour Guide Simulation.

Sementara itu, Mariska menambahkan, dalam program ini, kami menggandeng mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah English for Tourism untuk dapat menjadi pendamping masyarakat selama program yang berlangsung dari bulan Juni hingga Agustus 2018 ini. Harapannya, mahasiswa juga mampu menerapkan ilmu dan pengalaman mereka di kelas yang akan bermanfaat bagi warga masyarakat.

Pada pertemuan terakhir, yaitu Sabtu, 4 Agustus 2018, kami mengajak dua rekan dari Australia dan Afrika untuk menjadi tamu yang berkunjung ke Dusun ini dan membuat simulasi agar peserta pelatihan mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh, tutur Puthut. Sementara itu, salah seorang peserta, Iwan, mengungkapkan bahwa program pelatihan ini sangat bermanfaat dan sebaiknya ada program lanjutan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Desa Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Lokasi Dlingo

tampilkan dalam peta lebih besar