Potensi Produk Unggulan

Admin Desa 19 September 2018 14:25:47 WIB

EMPING GARUT DUSUN KORIPAN II

 

Ibu Dian selaku Sekretaris Kelompok Wanita Tani (KWT) Koripan II, Dlingo, mengaku banyak Umbi Garut yang masih belum diolah secara maksimal. Padahal, Umbi Garut sendiri merupakan jenis umbi yang banyak mengandung nutrisi dan khasiat yang berguna untuk kesehatan. “Pemilihan untuk mengolah Umbi Garut menjadi Emping Garut ini juga karena teknik pengolahannya yang sederhana dan tidak menguras biaya. Sebagaimana pembuatan emping pada umumnya, pembuatan Emping Garut ini juga hanya membutuhkan alat untuk mengulek umbi dan penggorengan. Untuk memproduksi umbi garut menjadi Emping Garut pun hanya membutuhkan waktu tiga hari,”

Emping Garut dari umbi garut tersebut juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan emping biasanya yang terbuat dari buah melinjo. “Emping Garut ini banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan serta tidak menyebabkan asam urat, berbeda dengan emping yang terbuat dari buah melinjo. Sehingga Emping Garut ini juga sangat aman untuk dikonsumi oleh siapa saja. Dan semoga Emping Garut Dlingo ini semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi makanan khas Dlingo

“Kedepannya kami ingin memasarkan produk Emping Garut ini ke luar wilayah, karena produsen Emping Garut di daerah sini sudah banyak sekali, hampir setiap rumah memiliki stok Emping garut. Sehingga tidak memungkinkan bila kami memasarkannya di sekitar sini. Jadi jalan satu-satunya adalah memasarkan ke luar wilayah, namun kami kami terkendala dengan masalah transportasi. Selain itu, regenerasi juga menjadi tugas utama kami, karena mayoritas pengurus kami sudah berumur.

Adapun Emping Garut hasil olahan KWT ini dihargai Rp. 12.000 untuk kemasan mentah, dan Rp. 9.000 untuk kemasan matang. Selisih penjualan dari Emping Garut tersebut juga digunakan oleh warga setempat untuk mengisi kas Organisasi KWT serta biaya operasional organisasi lainnya. Selain itu, kemasan Emping Garut KWT Lestari yang diberi merk “Emping Garut  Lestari” ini juga sudah dilaunching pada acara Gelar Festival Budaya Dlingo pada 29 September 2016 yang lalu. Pada kompetisi tersebut Koripan II yang diwakili oleh produk kemasan Emping Garut juga berhasil menyabet gelar juara sebagai kemasan terbaik se-Dlingo, Bantul.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Desa Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Lokasi Dlingo

tampilkan dalam peta lebih besar