SOSIALISASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Admin Desa 13 Maret 2019 14:25:44 WIB

DLINGOWORO - Rabu (13/3) Staf Desa Dlingo mengikuti sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang bertempat di Pendopo Kecamatan Dlingo. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul ini menghadirkan 3 narasumber antara lain dari perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat dan Komisi Informasi Daerah.

Ibu Jazimah, narasumber sebagai perwakilan KIM kabuaten Bantul menerangkan perlunya dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat di tingkat dusun. Dalam Paparannya ia menjelaskan bahwa KIM dapat dibentuk di setiap pedukuhan dengan melibatkan berbagai unsur masyakat. Struktur kepengurusan KIM terdiri atas Penasehat, Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Anggota. Setelah kepengurusan terbentuk disertai pembukuan/administrasi yang tertib KIM dapat didaftarkan di Dinas Kominfo kabupaten Bantul untuk mendapatkan nomor rekomendasi.

Sementara itu, narasumber dari Komisi Informasi Daerah Memaparkan tentang perlunya Desa membentuk PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa). Dimana PPID nantinya akan terintegrasi dengan website Desa. PPID dibentuk dengan SK Lurah Desa. Struktur Pengelola PPID terdiri atas Tim Pertimbangan, Atasan PPID, PPID, Petugas Layanan Informasi, Dokumentasi dan Arsip, website Desa dan Penyelesaian Sengketa dan Aduan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Desa Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Lokasi Dlingo

tampilkan dalam peta lebih besar