APLIKASI JAMUR TRICHODERMA DARI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN DIY

Mimin Hidayah 24 Juni 2019 14:16:36 WIB

DLINGOWORO (24/06) Selasa, 24 Juni 2019 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY mengunjungi lahan tani tanaman tembakau kelompok tani Desa Dlingo yang bersebelahan dengan Balai Budaya Macapat Desa Dlingo. Kedatangan Dinas Pertanian dan Ketahana Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah untuk pengaplikasian Jamur Trichoderma pada tanaman tembakau yang dibudidayakan oleh kelompok  tani Desa Dlingo.

Jamur Trichoderma adalah Salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida. Mikroorganisme ini adalah jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman lapangan. Trichoderma, sp. disamping sebagai organisme pengurai, dapat pula berfungsi sebagai agen hayati dan stimulator pertumbuhan tanaman.

Tujuan utama aplikasi jamur Trichoderma, sp pada tanaman tembakau tersebut yakni untuk dapat menghambat pertumbuhan serta penyebaran racun jamur penyebab penyakit bagi tanaman seperti cendawan Ganoderma, Rigidiporus lignosus, Fusarium oxysporum, Rizoctonia solani, Fusarium monilifome, Sclerotium rolfsii dan cendawan Sclerotium rilfisil.

Harapannya dengan aplikasi Penggunaan pupuk biologis dan agen hayati Trichoderma, sp bisa meningkatkan produksi tembakau serta menghasilkan tumbuhan tembakau yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.(min)

Komentar atas APLIKASI JAMUR TRICHODERMA DARI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN DIY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Desa Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Lokasi Dlingo

tampilkan dalam peta lebih besar