OUTBOUND SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

admin3 13 Oktober 2019 21:23:51 WIB

DLINGOWORO – Outbound merupakan kegiatan di luar ruangan yang menggunakan metode experiental (belajar dari pengalaman) bermedia permainan. Dengan berbagai permainan semua peserta akan belajar memahami karakter antar individu dalam kondisi apapun. Pemerintah Desa bersama BPD Desa Dlingo mengadakan kegiatan Outbound bertempat di area obyek wisata Pantai Goa Cemara Bantul, Sabtu pagi (12/10).

Acara yang bertajuk Peningkatan kapasitas Perangkat Desa Dan BPD Desa Dlingo ini pandu oleh Tim dari Jogja Outbound. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi yaitu kegiatan internal (kelas pembinaan) dan kegiatan eksternal (permainan). Khusus kegiatan internal pemerintah Desa Dlingo menghadirkan nasarumber Bp Suparman, SH.M.Hum. (Kabag Hukum Pemda kab. Bantul).

Lurah Desa Dlingo Agus Purnomo dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan bagian dari tholabul ilmi (menuntut ilmu) bagi seluruh perangkat desa dan BPD. Untuk itu Agus Purnomo memandang kegiatan ini perlu diadakan setidaknya setahun sekali agar perangkat desa tidak merasa jenuh di dalam bekerja.

“Kegiatan Outbound merupakan bagian dari tholabul ilmi (proses belajar), karena dengan kegaitan ini banyak hal yang akan peserta dapatkan diantaranya komunikasi efektif, pemecahan masalah, kepercayaan diri, kepemimpinan, kerjasama, konsentrasi, kejujuran dan masih banyak lagi manfaat yang nantinya sangat berguna bagi masing-masing anggota perangkat Desa dan BPD”. Terang Agus Purnomo.

Selain itu diawal paparan materinya bapak Suparman, SH.M.Hum juga menggaris bawahi apa yang disampaikan Lurah Desa Dlingo. “Kegiatan seperti ini perlu diadakan bagi sebuah instansi, karena adakalanya suatu masalah itu tidak dapat diselesaikan di meja kerja saja, Pemerintah Desa boleh memprogramkan dan menganggarkan kegiatan seperti ini di APBDes.” Katanya. Selain itu bapak Suparman juga menyampaikan banyak hal diantaranya mengenai pengelolaan keuangan desa dan tupoksi perangkat Desa.

Seusai kegiatan internal kemudian dilanjutkan dengan kegiatan eksternal atau kegiatan permainan yang dipandu oleh team dari Jogja Outbound. Peserta begitu antusias mengikuti permainan. Ada beberapa bentuk permainan yang masing-masing memberikan pembelajaran yang berbeda dan sangat berdampak positif bagi peserta.

Komentar atas OUTBOUND SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Desa Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Lokasi Dlingo

tampilkan dalam peta lebih besar