RUWATAN MURWO BUMI DESA DLINGO

Carik 03 Januari 2020 10:55:15 WIB

RUWATAN MURWO BUMI DESA DLINGO

Desa Dlingo adalah Desa Budaya yang telah diakui oleh Dinas Kebudayaan daerah Istimewa Yogyakarta dan telah mendapatkan SK Desa Budaya sejak tahun 1995. Tentu saja hal tersebut didapatkan karena dedikasi dari Desa Dlingo yang telah berhasil menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal desa Dlingo.

Selama kurun waktu 24 Tahun Desa Dlingo berupaya menjaga dan melestarikan budaya hingga saat ini mendapatkan pengakuan dan bisa menjadi salah satu contoh desa-desa yang lain. Tetapi karena arus globalisasi mendunia yang mengakibatkan semua orang mampu mengakses dan mengadopsi apapun melalui berbagai macam media, budaya dan kearifan lokal perlahan-lahan akan terkikis dan tergantikan dengan budaya-budaya baru. Tentu hal itu akan mengkhawatirkan kita serta mengancam eksistensi budaya warisan leluhur yang sejak dahulu telah menjadi karakter dan kebanggaan kita untuk mengakui daerah sendiri.

Berdasarkan beberapa hal diatas tentu perlu sebuah usaha dan gerakan nyata oleh masyarakat kita khususnya dalam bidang budaya yang memang merupakan karakter dan jati diri desa Dlingo. Karena kita tidak bisa hanya dengan sebatas duduk dan berdiskusi terkait budaya tanpa melakukan sesuatu yang dapat mempertahankan eksistensi budaya dan kearifan lokal desa Dlingo.

Ruwatan Murwo Bumi Desa Dlingo meruapakan salah satu gerakan nyata untuk melestarikan budaya yang ada. Hampir semua unsur masyarakat tergabung dan ikut serta mensukseskan gelar budaya ruwatan murwo bumi desa Dlingo. Terimakasih Masyarakat Dlingo, Seluruh Warga Dlingo atas kecintaan kita semua kepada budaya Desa. Semoga seluruh masyarakat desa Dlingo senantiasa diberi kesehatan, kelimpahan rezeky, panen yang berlimpah, menjadi desa yang maju dan mampu bersaing dengan desa lainnya.

RUWATAN MURWO BUMI DESA DLINGO
24 OKTOBER 2019

Komentar atas RUWATAN MURWO BUMI DESA DLINGO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Kalurahan Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License