PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI DUSUN KORIPAN II DLINGO

Carik 10 Januari 2020 09:17:50 WIB

DLINGOWORO (09/01) -Pemerintah Desa Dlingo bersama-sama dengan Kader kesehatan desa Dlingo melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Dusun Koripan II Desa Dlingo, Jum’at 10 Januari 2020 pukul 08.30 wib – selesai. Kegiatan PSN ini dilakukan rutin dan bergilir di setiap dusun yang ada di Desa Dlingo. Karena sudah masuk pada musim penghujan, tentu saja populasi nyamuk semakin bertambah banyak. Dikarenakan banyaknya genangan air yang bisa digunakan untuk nyamuk berkembang biak.

Upaya pertama yang bisa dilakukan untuk mengendalikan nyamuk, terutama untuk mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk aedes aigepty penyebab DBD adalah dengan mengendalikan lingkungan terlebih dahulu. Lingkungan ini jangkauannya luas, dimulai dari rumah hingga lingkungan sekitar. Pengendalian secara lingkungan ini dilakukan dengan tujuan membatasi ruang nyamuk untuk berkembang biak, sehingga harapannya nyamuk penyebab DBD ini bisa musnah. Program 3M yang sudah sangat kita kenal, menjadi salah satu cara mengendalikan perkembangbiakan nyamuk secara lingkungan. Secara lengkap, pemberantasan sarang nyamuk secara lingkungan, bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Program 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur )
  • Menguras tempat penampungan air secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Kenapa harus seminggu sekali ? karena telur nyamuk membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari untuk bisa berubah menjadi nyamuk. Jadi sebelum telur itu berubah jadi nyamuk, tempat perkembangbiakannya sudah kita bersihkan.
  • Menutup rapat tempat penampungan air, ini juga dilakukan agar tempat-tempat tersebut tidak bisa dijadikan nyamuk untuk berkembangbiak.
  • Mengubur dan menyingkirkan barang-barang bekas yang bisa menampung air.
  1. Mengganti air yang ada pada vas bunga atau tempat minum di sarang burung, setidaknya dilakukan seminggu sekali.
  2. Membersihkan saluran air jika tersumbat oleh sampah, karena setiap genangan air bisa dimanfaatkan oleh nyamuk untuk berkembang biak.

Warga bisa melakukan pengendalian sarang nyamuk sendiri dirumah dengan cara yang sudah disebutkan. Karena nyamuk bisa berkembang biak dengan cepat. Sehingga sebelum PSN dilakukan di duisun masing-masing diharapkan warga bisa membiasakan untuk melakukan 3M.

 

Komentar atas PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI DUSUN KORIPAN II DLINGO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Kalurahan Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License