PSN DI DUSUN POKOH II BERSAMA MUSPIKA DLINGO

02 Maret 2018 10:32:47 WIB

KABARPOKOH (2/3) - Muspika Kecamatan Dlingo laksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Dusun Pokoh II Dlingo. Pada hari Jum’at 2 Maret 2018 pukul 07.30 wib – selesai. Adapun pasukannya dari Polsek Dlingo, Koramil Dlingo, Kecamatan Dlingo, KUA Dlingo, PLKB Dlingo, Puskesmas Dlingo I, Pamong Dlingo, Kader Desa dan Kader Dusun. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN , yaitu:

  1. Menguras Adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
  2. Menutup Yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan
  3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti :

  1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.
  2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.
  3. Menggunakan kelambu saat tidur.
  4. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.
  5. Menanam tanaman pengusir nyamuk.
  6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan. Hasil presentase di Dusun Pokoh II 68%. Dengan hasil ini untuk peringatan bagi kader dan Kepala Dusun, supaya tetap melaksanakan PSN di Dusunnya tidak harus menunggu musim hujan atau pancaroba. Karena dengan hasil ini sangat menjadi perhatian dan memprihatinkan.(Lin)

Komentar atas PSN DI DUSUN POKOH II BERSAMA MUSPIKA DLINGO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Kalurahan Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License