MERTI DUSUN PADUKUHAN DLINGO I

Administrator 08 Juli 2024 09:55:14 WIB

Dlingo - Warga Dusun Dlingo 1, Kalurahan Dlingo, Kapanewon Dlingo telah menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka Merti Dusun.

Merti Dusun sendiri adalah sebuah acara tradisional yang memperingati dan memuliakan warisan budaya dan kebudayaan yang dimiliki. Kegiatan Merti Dusun ini bertempat Padukuhan Dlingo 1 dan dihadiri oleh ratusan warga setempat dan beberapa tokoh penting dalam bidang kebudayaan.

Pada acara Merti Dusun Dlingo 1 tahun ini menampilkan 2 kegiatan, yaitu kirab budaya dan kenduri sarang. Kirab budaya atau festival budaya sendiri adalah kegiatan dimana warga desa akan melakukan arak-arakan atau berjalan bersama-sama secara beriringan dengan membawa hasil bumi yang dibentuk menyerupai gulungan yang dibuat tinggi.

Sementara kenduri sarang sendiri adalah kenduri yang dilakukan sambil membawa sarang tempat hasil yang dibuat dari anyaman daun kelapa yang dibentuk menyerupai keranjang bawaan.

Diharapkannya dari kegiatan Merti Dusun ini, menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus mewariskan tradisi nenek moyang ke generasi berikutnya agar tidak punah tertelan zaman dan akan selalu hidup serta semakin berkembang.

Komentar atas MERTI DUSUN PADUKUHAN DLINGO I

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Aplikasi Rubah Data KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Kalender

Pengumuman

Semua jenis pelayanan di Kalurahan Dlingo Gratis tanpa dipungut biaya

Mbangun Desa

Sandigita IT Android Apps

Sandigita FM

Loading the player...

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License